Selasa, 10 Februari 2015

contoh LAPORAN KEGIATAN NUZULUL QUR'AN



LAPORAN KEGIATAN
NUZULUL QUR’AN 1433 H
SMA NEGERI 10 SEMARANG


A.    Pembuka
Peringatan Nuzulul Qur’an sudah menjadi agenda tahunan yang rutin dilaksanakan oleh siswa-siswi SMA Negeri 10 Semarang, beserta guru dan karyawan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kali pertama diturunkannya Al-Qur’an. Dengan adanya peringatan ini diharapkan siswa-siswi dapat memahami makna hari diturunkannya Al-Qur’an.
Pengetahuan mengenai peringatan Nuzulul Qur’an ini akan dilaksanakan lebih mendalam dengan pengertian mengenai bulan Ramadhan yang sangat dibutuhkan bagi kalangan pelajar untuk memperdalam iman kepada Allah SWT.

B.     Tujuan
1.    Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT
2.    Memaknai Al-Qur’an sebagai petunjuk pedoman hidup
3.    Mempererat tali silturahmi antar warga SMA N 10 Semarang
4.    Memahami makna dari Nuzulul Qur’an
5.    Sebagai amalan di bulan ramadhan
6.    Meningkatkan kerukunan dan kebersamaan umat muslim

C.   Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini berbentuk pengajian akbar yang mendatangkan seorang penceramah untuk menyampaikan materi ceramah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga SMA N 10 Semarang yang beragama Islam. Kemudian sebagai materi pembelajaran, siswa-siswi diwajibkan untuk meringkas materi ceramah. Dengan menampilkan hiburan dari rebana SMA N 10 Semarang, menjadikan momen Nuzulul Qur’an meriah. Di penutupan acara, SMA N 10 Semarang juga memberikan zakat kepada siswa-siswi yang berhak menerimanya.

D.   Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Peringatan Nuzulul Qur’an dilaksanakan pada hari Kamis, 2 Agustus 2012, pukul 07.15 – 12.00 WIB, di SMA Negeri 10 Semarang.
E.   Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan berjumlah ... yang merupakan seluruh siswa SMA Negeri 10 Semarang serta guru dan karyawan yang beragama Islam.

F.   Susunan Acara
1.      Pembukaan
2.      Pembacaan Ayat Suci
3.      Pembacaan Asmaul Husna
4.      Laporan Ketua Panitia
5.      Sambutan Kepala Sekolah
6.      Uraian Nuzulul Qur’an
7.      Doa
8.      Penutup

G.   Dana
Anggaran Dana
1.      Sumber Dana:
2.      Pengeluaran:

H.   Hasil Resume
Hikmah Nuzulul Qur’an
Bulan Ramadhan merupakan bulan pembakaran dosa. Di bulan ini pintu neraka ditutup oleh Allah dan hanya dibukakan pintu surga-Nya. Setan, iblis dan sejenisnya dibelenggu oleh Allah SWT. Bulan Ramadhan adalah momentum emas untuk melakukan apa saja karena Allah hanya membukakan pintu surga.
Ramadhan bagaikan celana, sholat tarawih bagaikan baju, sedangkan hari raya sebagai ikat pinggang atau sebagai pelengkap saja.
Yang diwajibkan untuk berpuasa yaitu orang-orang yang beriman kepada Allah, sedangkan orang-orang yang tidak beriman tidak diwajibkan untuk berpuasa.
Adapun tujuan berpuasa yaitu sebagai berikut:
1.    Agar kita menjadi orang-orang yang beriman
2.    Agar kita menjadi orang-orang yang bertaqwa
Ciri-ciri taqwa ada 4, yaitu:
1.    Mu’ahadah/ perjanjian dengan Allah
2.    Muraqabah/ kita melihat apa yang kita lihat
3.    Muhasabah/ introspeksi diri
4.    Muaqabah/ menghukum diri sendiri
5.    Mujahadah/ motivasi
Nuzulul Qur’an adalah hari atau malam diturunkannya Al-Qur’an. Al-Qur’an diturunkan oleh Allah dan dijaga langsung oleh Allah. Al-Qur’an diturunkan pada saat bulan Ramadha.
Adapun fungsi Al-Qur’an adalah:
1.    Sebagai petunjuk
2.    Sebagai penjelas dari petunjuk
3.    Sebagai obat hati
4.    Sebagai rahmat

I.   Penutup
Demikian laporan ini kami buat untuk dijadikan bukti pelaksanaan kegiatan peringatan hari Nuzulul Qur’an. Terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Mengetahui


Pembina                                                                                                          Waka Kesiswaan






Menyetujui
Kepala Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Depression Story

(This is in Full Bahasa and Full English)                                 Setelah momen graduation, aku mengalami depresi yang aga...